Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 08 Maret 2013

LEGENDA LAGU SCORPIONS,WIND OF CHANCE


"Wind of Change" adalah lagu balada terbaik di tahun 1991 yang ditulis oleh Klaus Meine, vokalis dari band rock asal Jerman Scorpions. lagu ini sebenarnya muncul pada tahun 1990 di album mereka yang berjudul Crazy World, tetapi tidak menjadi hit pada saat itu,justru setahun kemudian single itu jadi hits di seluruh dunia pada tahun 1991.

scorpions juga merekam versi bahasa Rusia untuk lagu ini,dengan judul Ветер Перемен (Veter Peremen) dan versi Spanyol diberi judul Vientos de Cambio.

Lagu ini sekarang masuk kedalam daftar 10 lagu terlaris sepanjang masa di Jerman.

di Seluruh dunia, single ini terjual lebih dari 6 juta copy, menjadikannya salah satu dari lima puluh single terlaris sepanjang masa.

Lirik lagu ini mengandung unsur-unsur politik khususnya yang terjadi di Eropa Timur pada saat itu - seperti Perjanjian Meja Bundar di polandia, jatuhnya Tembok Berlin di jerman, kebebasan panganut paham komunis (yang segera menyebabkan jatuhnya Uni Soviet), dan berakhirnya Perang Dingin.

Scorpions terinspirasi untuk menulis lagu ini setelah kunjungan mereka ke Moskow pada tahun 1989, dapat didengar pada awal lirik yang manandakan landmark dari kota moskow:

"I follow the Moskva
Down to Gorky Park
Listening to the wind of change"

The Moskva adalah nama sungai yang mengalir melalui Moskow , dan Gorky Park adalah nama sebuah taman hiburan di Moskow.

0 komentar:

Posting Komentar